Search This Blog

Tuesday, December 14, 2021

Tugas 1.4.a.6. Refleksi Terbimbing - Budaya Positif

 

1.       Sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep inti yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Adakah hal-hal yang menarik untuk Anda dan di luar dugaan?

 

Setelah mempelajari modul-modul tersebut saya menjadi lebih memahami konsep-konsep inti pada modul Budaya Positif, yaitu Disiplin Positif, Posisi Kontrol Guru, Kebutuhan Dasar Manusia, Keyakinan Kelas, dan Segitiga Restitusi. Saya lebih bisa memandang permasalahan dengan helicopter view

 

Hal yang paling menarik bagi saya adalah tentang posisi kontrol guru. Hal tersebut merupakan sesuatu yang baru saya tahu dan baca, dan membuat saya sebagai pendidik merasa terhempas. Selama ini, saya belum merasa menerapkan posisi manajer secara maksimal dalam menangani permasalahan siswa. Mungkin karena bekal yang kami dapat dulu juga belum pada teori ini. Sebagian besar posisi kontrol yang saya gunakan berkutat pada pemantau dan teman bahkan beberapa kali sebagai pembuat rasa bersalah dan penghukum. Namun semuanya berproses dan setelah memahami konsep ini, saya berkomitmen untuk berubah dan memperbaiki diri.

 

2.       Tuliskan pengalaman Anda dalam menggunakan konsep-konsep inti  tersebut dalam menciptakan budaya positif baik di lingkup kelas maupun sekolah Anda.

 

Yang saya terapkan selama bertahun-tahun adalah pembuatan kesepakatan kelas di awal tahun pelajaran. Kesepakatan kelas itu saya terapkan dan adaptasi setelah membaca buku Quantum Teaching oleh Bobby de Porter. Prosedurnya sama persis dengan penentuan keyakinan kelas/sekolah yang saya baca pada modul kali ini. Yang berbeda adalah penanganan saat ada pelanggaran kesepakatan kelas. Posisi kontrol yang dipakai seringkali berpijak pada pemantau dan teman sesekali saja sebagai manajer. Meski begitu penerapan kesepakatan kelas berpengaruh positif pada terciptanya lingkungan belajar yang kondusif di dalam kelas.

 

3.      Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah Anda menerapkan segitiga restitusi              ketika menghadapi permasalahan murid Anda? Jika iya, ada di posisi manakah                Anda? Anda boleh menceritakan situasinya dan posisi Anda saat itu.

 

Sebelum mempelajari modul ini saya pernah menerapkan Segitiga Restitusi saat menghadapi permasalahan murid namun tidak menyadari bahwa itu adalah langkah-langkah Segitiga Restitusi karena belum mengenal tentang materi ini.

 

Posisi yang sering saya terapkan adalah teman dan pemantau sesekali saja sebagai manajer. Sedanglah langkah-langkah dalam Segitiga Restitusi yang paling sering saya terapkan adalah menstabilkan identitas dan validasi tindakan yang salah. Sedangkan langkah ketiga yaitu menanyakan keyakinan hanyalah sesekali saja. Itupun saya lakukan tanpa menyadari bahwa saya telah menerapkan teori kontrol dan Segitiga Restitusi.

 

4.       Perubahan apa yang terjadi pada cara berpikir Anda dalam menciptakan budaya             positif di kelas maupun sekolah Anda setelah mempelajari modul ini?

Perubahan yang terjadi pada cara berpikir saya adalah bahwa untuk menciptakan budaya positif baik di kelas maupun di sekolah tidak harus dengan cara yang represif.  Cara pandang saya terhadap siswa yang bermasalah pun berubah yang sebelumnya cenderung memandang siswa bermasalah sebagai trouble maker yang perlu diberikan konsekuensi bahkan hukuman sekarang pun berubah total. Saat ini saya lebih memandang siswa bermasalah sebagai sosok yang mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang ingin mereka penuhi dengan berbagai cara. Ketika cara yang mereka pilih kurang benar maka, maka tugas kita sebagai pendidik adalah membimbing mereka untuk menemukan solusi dan memperbaiki diri. Siswa tidak perlu mendapatkan hukuman, tetapi dikuatkan keyakinannya agar mempunyai motivasi internal untuk memperbaiki diri.

 

5.       Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi Anda sebagai seorang individu  

      dan Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran?

 

Bagi saya mempelajari modul ini sangat penting baik sebagai seorang individu maupun sebagai seorang pemimpin pembelajaran. Perubahan mindset merupakan hal paling krusial yang saya alami hingga menggugurkan paradigma lama yang selama ini telah melekat erat di pikiran. Modul ini memberi kesadaran baru bahwa saya harus mempunyai helicopter view ketika memandang dan memahami permasalahan yang ditimbulkan oleh anak.  

Sebagai individu, apa yang telah saya pelajari dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai ibu dalam maupun sebagai warga masyarakat. 

Sedangkan sebagai pemimpin pembelajaran, memahami bagaimana budaya positif bisa ditumbuhkan dengan amat elok di dalam kelas merupakan pemahaman baru yang jauh berbeda dengan pemahaman-pemahaman terdahulu. Dalam menyelesaikan masalah siswa, teori kebutuhan manusia, posisi kontrol dan segitiga restitusi merupakan 3 kunci dalam mengurai setiap permasalahan siswa.

 

6.       Apa yang Anda bisa lakukan untuk membuat dampak/perbedaan di            

       lingkungan  Anda setelah Anda mempelajari modul ini?

Yang bisa saya lakukan untuk membuat dampak di lingkungan kelas dan sekolah adalah dengan mencoba melakukan perubahan minimal pada diri sendiri dengan menerapkan apa yang saya dapat di modul ini dengan harapan seiring berjalannya apa yang saya lakukan dampaknya akan semakin meluas baik di lingkungan rumah maupun kerja. Semua perubahan memerlukan proses, demikian pula perubahan budaya positif yang diinisiasi dengan paradigma baru ini.

 

7.       Selain konsep-konsep tersebut, adakah hal-hal lain yang menurut Anda penting untuk dipelajari dalam proses menciptakan budaya positif baik di lingkungan kelas maupun sekolah?

 

Hal-hal lain yang penting untuk dipelajari dalam proses menciptakan budaya positif baik di lingkungan kelas maupun sekolah adalah kemampuan berkomunikasi, kemampuan memotivasi, kemampuan untuk problem solution dan kemampuan berkolaborasi.

 

8.     Langkah-langkah awal apa yang akan Anda lakukan jika kembali ke sekolah/kelas 

      Anda setelah mengikuti sesi ini?

Langkah-langkah awal yang akan saya lakukan jika kembali ke sekolah/kelas adalah merenungkan dan mengevaluasi apa yang telah saya lakukan selama ini terkait materi dalam modul yang telah saya pelajari. Saya akan mencoba mengidentifikasi mana hal-hal yang belum dan sudah sesuai kemudian secara perlahan namun pasti melakukan perubahan yang saya mulai dari diri sendiri. Saya akan menerapkan konsep-konsep inti tersebut dalam menangani masalah yang timbul di dalam kelas. 

No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...