Search This Blog

Tuesday, February 8, 2022

Tugas 2.1.a.3 Mulai dari diri



  1. Ceritakan pengalaman Anda yang paling berkesan pada saat Anda melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan murid yang beragam!

Saat paling berkesan adalah ketika melihat apa yang kita rencanakan berjalan lancar meski penuh tantangan.

Di dalam kelas saya terdapat berbagai macam karakter murid dengan latar belakang sosial ekonomi beragam, memiliki keyakinan keimanan dan berasal dari etnis yang berbeda, serta terdapat berbagai macam kecerdasan individu yang tampak pada mereka.

Untuk itu saya mencoba membuat variasi dalam pembelajaran. Saat belum pandemi hal tersebut relatif lebih mudah untuk dilakukan. Yang paling menarik saat saya menerapkan teknik Window Shopping untuk mempelajari kompetensi dasar tertinggi pada mata pelajaran yang saya ampu yaitu membandingkan teks.

Selain teknik Window Shopping pada saat yang bersamaan saya menggunakan media papan bergambar diagram Venn. Kombinasi kerja kelompok dengan kelompok yang telah dirancang sedemikian rupa serta teknik Window Shopping yang memungkinkan semua murid bergerak dengan sistematis untuk berbelanja dan presentasi masing-masing kelompok dengan menggunakan Diagram Venn membuat kelas benar-benar hidup dan membuat setiap murid bisa aktif dalam kegiatan belajar.


  1. Apa yang telah Anda ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Sejujurnya saya belum mengetahui apa-apa tentang pembelajaran berdiferensiasi.

Namun dari kata dasar different yang dalam Bahasa Inggris berarti berbeda mungkin makna dari pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu kegiatan belajar di dalam kelas yang mempunyai unsur pembeda, artinya pembelajaran yang memperhatikan perbedaan setiap individu yang diajar, baik dari sisi karakter, latar belakang, bakat, potensi maupun jenis kecerdasan individunya.





  1. Setelah menyaksikan video di atas, menurut Anda bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi? (terutama untuk memenuhi kebutuhan belajar murid). 


Pembelajaran seharusnya dirancang dengan memperhatikan dan mengakomodasi keragaman atau perbedaan peserta didik, misal perbedaan karakter, potensi, kekuatan diri, gaya belajar maupun perbedaan kecerdasan individu yang dimiliki oleh mereka sesuai dengan teori Multiple Intelligence dari Gardner.


Pembelajaran seharusnya dilaksanakan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat yang memperhatikan setiap keberagaman peserta didik. Meski begitu penyesuaian sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik maupun kelas masing-masing dapat dilakukan bilamana diperlukan. Guru memandu peserta didik untuk mampu menghargai setiap perbedaan, setiap individu dan setiap kekuatan yang ada pada diri mereka sendiri maupun teman-temannya.

Pembelajaran seharusnya dievaluasi tidak hanya hasil akhir saja namun juga prosesnya yang tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Evaluasi pembelajaran dilakukan sebagai tidak hanya untuk mengukur hasil belajar namun juga ditujukan untuk perbaikan proses.


  1. Apa yang ingin Anda ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi?


Saya ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana cara merencanakan, melakukan, mengevaluasi pembelajaran berdiferensiasi serta model, metode, strategi, dan teknik pembelajaran  apa saja yang termasuk dalam kategori pembelajaran ini.


No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...