Search This Blog

Saturday, April 2, 2022

Tugas 2.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Pembelajaran Sosial dan Emosional


1.   Sebutkan 3 hal menarik yang telah Anda pelajari! Kemukakan dengan alasan atau contoh berupa gambar/foto untuk memperjelas jawaban Anda.

Hal menarik yang telah saya pelajari:

a.  Pembelajaran Sosial Emosional

Buku pemantik di masa lalu
 

Bertahun-tahun lalu saya pernah membaca buku berjudul Revolusi Kecerdasan Abad 21: Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence atas IQ karya Agus Effendi yang diterbitkan tahun 2005.

Saya dapatkan buku itu di perpustakaan sekolah saat sedang mencari-cari buku baru yang ada. Saya baca tuntas buku tersebut dan buku itu berhasil membuka mindset saya tentang bagaimana melihat dan memahami siswa dengan cara berbeda. Dan ketika saya mempelajari materi PSE di PGP saat itu saya langsung tersentak, berasa de javu. PSE sangatlah mendesak untuk diterapkan di dalam kelas-kelas agar dapat mendorong tumbuh kembang siswa baik aspek kognitif, fisik, sosial dan emosional.

Pembelajaran ini melatih soft skill siswa secara holistik. Siswa bahkan pendidik membutuhkan berbagai bekal pengetahuan, sikap dan keterampilan agar dapat mengelola kehidupan personal maupun sosialnya.  Ketrampilan-ketrampilan tersebut sangat dibutuhkan siswa untuk bertahan hidup dan menghadapi tantangan abad 21 yang semakin kompleks. 

 

b. Kesadaran Penuh (Mindfulness)

Mindfulness merupakan hal yang benar-benar baru bagi saya. Dan itulah yang membuat saya sangat tertarik. Memang istilah tersebut terkesan baru tapi ternyata saya sering mempraktikkannya tanpa memahami bahwa hal itu merupakan praktik dari mindfulness misal, hal sederhana seperti jalan kaki pagi hari di area persawahan atau saya biasa menyebutnya Green Therapy. Mindfulness menyediakan cara bagi setiap orang untuk menikmati setiap momen dan memberikan rasa ketenangan, terlepas dari situasi apapun yang mengelilingi kita. Hal tersebut menjadi sangat relevan dan penting bagi siapapun untuk dapat menjalankan peran dan tanggung jawabnya dengan bahagia dan optimal bagi pendidik, murid bahkan juga untuk orangtua.

 

c. Beberapa latihan, cara-cara atau strategi penerapan berkesadaran penuh (mindfulness) dalam pembelajaran sosial dan emosional yang dapat diterapkan guru di dalam kelas, lingkungan sekolah dan komunitas, misal  teknik STOP merupakan akronim dari: Stop/ Berhenti, Take a deep Breath/ tarik nafas dalam, dan keluarkan, Observe/ Amati yang dirasakan pada tubuh, Proceed/ lanjutkan kembali aktivitas.

Latihan sederhana seperti teknik STOP sangat menarik bagi saya karena hal ini sesuatu yang baru dan belum pernah saya terapkan di kelas. Setelah ini saya tertarik untuk mempraktekannya di dalam kelas.

 

2. Sebutkan 2 hal penting yang Anda pelajari! Kemukakan dengan alasan atau contoh berupa gambar/foto untuk memperjelas jawaban Anda.

a.               Kompetensi Sosial Emosional CASEL

KSE yang meliputi Pengelolaan Emosi dan Fokus Empati, Kemampuan kerja sama dan resolusi konflik, Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab dan Pengenalan Emosi merupakan hal yang sangat penting bagi saya untuk dipelajari karena kompetensi tersebut tidak hanya bermanfaat untuk siswa namun juga untuk diri sendiri. Saya sebagai pendidik dan siswa membutuhkan berbagai bekal pengetahuan, sikap dan keterampilan agar dapat mengelola kehidupan personal maupun sosial dengan baik.

b. Kesadaran Penuh (Mindfulness)

Bagi saya Mindfulness merupakan hal yang sangat penting yang telah saya pelajari karena materi ini memberikan bekal luar biasa bagi saya sebagai pribadi maupun pendidik dalam mengelola emosi diri. Selain itu Mindfulness dapat juga bermanfaat bagi siswa apabila benar-benar diterapkan dalam pembelajaran. Kesadaran penuh (Mindfulness) adalah teknik yang dapat membantu kita mengelola proses mengelola emosi secara lebih efektif dengan membangun keterampilan konsentrasi, perhatian dan kapasitas untuk mengarahkan kesadaran kita dengan cara tertentu.

 

3. Sebutkan 1 hal yang Anda ingin coba dan terapkan dalam kelas! Jelaskan alasan Anda! 

Saya ingin menerapkan Pembelajaran Sosial Emosional di dalam kelas-kelas agar dapat mendorong tumbuh kembang siswa secara holistik, baik aspek kognitif, fisik, sosial dan emosional. Dengan begitu mereka akan memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional tersebut.

 

No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...