Search This Blog

Wednesday, March 23, 2022

2.3.a.3. Mulai dari Diri - Seberapa Jauh Saya Memahami Konsep Coaching di sekolah?

 

Mulai dari diri

1.   Lama Mengajar

-        25 tahun 

2.   Anda menemui seorang murid berprestasi yang mengeluhkan tentang susah konsentrasi dan penurunan motivasi belajar yang mengakibatkan ketidakpuasan orangtuanya. Apa yang menjadi respon Anda terhadap situasi yang disampaikan

Saya akan mendengarkan semua keluh kesahnya terlebih dahulu, dan berusaha memahami apa yang dia alami. Kemudian berusaha mengajak dia untuk menerapkan mindfulness. Setelah itu bersama-sama mencoba mengidentifikasi akar permasalahan yang sesungguhnya. Baru kemudian mendiskusikan solusi yang mungkin bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan terburuk.

3.   Seorang murid bertemu dengan Anda di taman sekolah dan menceritakan bahwa ia diminta oleh teman-temannya untuk menjadi ketua panitia acara pertandingan olahraga di SMP Penggerak. Terlihat murid tersebut ragu dan tidak berminat. Bagaimana Anda memberikan respon sebagai seorang guru yang mengetahui bahwa murid tersebut memiliki potensi sebagai seorang pemimpin?

Saya akan mengajak murid tersebut ‘ngobrol’ dari hati ke hati untuk menggali informasi mengapa dia terlihat ragu dan tidak berminat untuk menjadi ketua panitia acara pertandingan padahal sepengetahuan saya dia adalah murid yang berpotensi sebagai leader. Setelah komunikasi dua arah terbangun dan ‘uneg-uneg’ nya keluar maka saya akan mengajak berdiskusi tentang apa yang dia hadapi, dia rasakan dan dia inginkan. Bilamana saya sudah yakin dengan penyebab keengganan dan keragu-raguannya maka saya memulai untuk memberikan wawasan tentang manfaat yang didapat apabila kita mempunyai pengalaman berorganisasi ataupun duduk dalam kepanitiaan. Setelah itu saya akan memberikan motivasi bahwa dia mempunyai potensi yang bagus untuk menjadi seorang leader, demikian juga yang dilihat oleh teman-temannya. Kesempatan belum tentu datang untuk kedua kalinya, untuk itu ketika kesempatan itu datang, jangan pernah disia-siakan.

4.   Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Saya berharap akan menjadi menjadi pendidik yang memahami dan menguasai bagaimana teknik berkomunikasi yang efektif dan mumpuni dalam berhadapan dengan siswa/teman sehingga saya akan mampu melakukan peran coaching bagi siswa maupun rekan sejawat dengan lebih maksimal.

5.   Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul ini, saya berharap dapat melihat  murid-murid saya sebagai insan yang merdeka yang berani dan mampu menentukan arah dan tujuan belajarnya sendiri. Selain itu saya ingin melihat mereka mampu meningkatkan potensinya serta dapat menemukan solusi atas segala permasalahan yang dihadapi secara mandiri. 

6.   Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan yang saya harapkan ada di modul ini adalah:

-        Pemahaman konsep

-        Tatap muka dengan PP/Fasilitator/Instruktur

-        Diskusi

-        Kegiatan Bedah Kasus

-        Penerapan nyata

Materi yang saya harapkan ada di modul ini adalah

-        Konsep tentang Coaching

-        Teknik Komunikasi yang powerful

-        SOP dalam melakukan coaching

Manfaat yang saya harapkan ada di dalam modul ini adalah mampu membekali saya dengan keterampilan berkomunikasi dan coaching yang dapat mengarahkan anak didik untuk menemukan jati diri, meningkatkan kemampuan dan melejitkan potensi mereka secara mandiri.

 

 

No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...