Search This Blog

Thursday, December 9, 2021

1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Budaya Positif Tugas 2.2 (1)


 Mengapa Anda mengikuti program ini? 

Saya mengikuti program ini karena alasan yang sederhana, yaitu ingin meng upgrade diri karena merasa dalam kondisi pandemi pendidikan mengalami perubahan yang luar biasa, dan saya merasa ketinggalan dengan hal-hal terkini.


Apakah bila Anda tidak mengikuti program ini, akan ada hal yang menyakitkan yang akan terjadi pada Anda?

Saya yakin tidak akan ada hal yang menyakitkan terjadi bilamana saya tidak mengikuti program ini.


Apakah ada hadiah atau penghargaan setelah Anda mengikuti program ini? 

Pada saat mendaftar saya sama sekali tidak mengetahui apakah ada hadiah atau penghargaan, kecuali katanya ada insentif berupa uang sebagai ganti transport dan kuota internet. Selebihnya saya tidak mendengar apapun. Baru belakangan santer terdengar wacana tentang alumni Guru Penggerak yang bisa menjadi KS atau ASN, itupun saat proses sudah berlangsung.


Atau apakah Anda mengikuti program ini karena Anda ingin menjadi seorang guru dengan nilai-nilai yang Anda yakini, misalnya menjadi seorang guru pembelajar?

Betul sekali, saya hanya ingin menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi saja agar terus mampu mengikuti perkembangan jaman.


Apa dampak ketiga motivasi tersebut pada diri Anda sebagai calon guru penggerak? Yang mana motivasi yang paling akan berdampak jangka panjang dan membuat Anda terus bersemangat secara internal?

Motivasi untuk maju dan berkembang merupakan dorongan utama saya saat mendaftarkan diri menjadi CGP. Motivasi tersebut jelas motivasi internal karena itu muncul dari diri sendiri tanpa dorongan orang lain. Tanpa motivasi tersebut tidaklah mungkin saya mau merepotkan diri sendiri untuk menerima resiko dari keikutsertaan dalam program ini. Motivasi tersebut adalah motivasi yang terakhir, motivasi yang berdampak sangat panjang dan terus bersemangat meski mungkin tertatih-tatih saat menjalaninya. Namun saya yakin semua akan indah pada waktunya.


Mungkin pada awalnya motivasi Anda mengikuti program ini karena ingin mendapat penghargaan. Namun seiring Anda mengikuti program ini dan kemudian menikmatinya, mungkinkah motivasi Anda akan berubah menjadi sebuah pemahaman untuk menjadi guru dengan nilai-nilai yang Anda yakini? Bila itu terjadi, apa dampaknya pada diri Anda?

Sejak awal saya memang tidak mengetahui penghargaan apa yang akan saya peroleh saat mendaftar, tapi hal tersebut bukan masalah karena motivasi utama saya bukan hanya mencari penghargaan namun lebih dari itu yaitu sebagai upaya perbaikan diri. Motivasi saya sangat mungkin untuk berubah seiring berjalannya waktu dengan adanya gesekan, pengaruh atau masukan dari berbagai pihak. Dan bilamana hal tersebut terjadi, maka saya berharap saya akan mampu menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ini, baik secara personal maupun profesi.


No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...