Search This Blog

Wednesday, December 15, 2021

Tugas 1.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 4



Connection

Materi minggu ini membahas tentang konsep budaya positif yang meliputi perubahan paradigma dari teori stimulus respon ke teori kontrol, arti disiplin dan 3 motivasi perilaku manusia, keyakinan kelas, 5 kebutuhan dasar manusia, 5 posisi kontrol serta segitiga restitusi. Materi tersebut diatas telah mengubah paradigma yang selama ini saya dapatkan  dan mengubah mindset saya tentang bagaimana menumbuhkan budaya positif di lingkungan kita. Materi tersebut memberikan bekal kepada saya dalam menjalankan peran sebagai guru penggerak. Tanpa pemahaman tentang konsep-konsep inti budaya positif sangatlah tidak mungkin saya mampu menjalankan peran tersebut dengan maksimal.



Challenge


Beberapa materi menjungkirbalikkan beberapa pemahaman saya tentang bagaimana penegakan disiplin dan penyelesaian masalah harus dilakukan khususnya tentang posisi kontrol guru.  Yang saya pikir apa yang saya lakukan selama ini benar ternyata salah.



Concept


Materi yang saya pelajari minggu ini adalah konsep tentang pembentukan budaya positif. Terdapat 6 topik yaitu perubahan paradigma dari teori stimulus respon ke teori kontrol, arti disiplin dan 3 motivasi perilaku manusia, keyakinan kelas, 5 kebutuhan dasar manusia, 5 posisi kontrol serta segitiga restitusi. Dari 6 topik tersebut yang merupakan konsep inti dan paling menarik adalah 3 topik terakhir yaitu 5 kebutuhan dasar manusia, 5 posisi kontrol serta segitiga restitusi. Ketiga konsep tersebut merupakan konsep-konsep inti yang penting dan urgent dikuasai dan dipahami tidak hanya oleh calon guru penggerak namun juga oleh semua guru pada umumnya. Dengan adanya perubahan paradigma dari teori stimulus respon ke teori kontrol, konsep-konsep inti tersebut wajib dikuasai sehingga guru mempunyai bekal yang cukup dalam menyelesaikan permasalahan yang berpihak pada murid.



Change


Perubahan yang terjadi pada diri saya adalah perubahan paradigma dan mindset tentang bagaimana mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh murid.


No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...