Search This Blog

Thursday, February 24, 2022

Tugas 1.1.a.10. Aksi Nyata Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah


  1. Perasaan selama melakukan perubahan di kelas

Pada prinsipnya saya adalah tipe orang yang senang mencoba hal-hal yang baru termasuk yang berkaitan dengan pembelajaran. Demikian juga ketika mendapatkan materi dari Program Guru Penggerak  yang berhasil mengubah mindset saya secara signifikan.  Ibaratnya saya mendapatkan charging energi yang luar biasa yang mendukung setiap langkah saya selama ini untuk bereksplorasi melakukan trial and error kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Semenjak pandemi saya harus beralih dari pembelajaran konvensional tatap muka ke pembelajaran jarak jauh secara mendadak seakan tercerabut akar dari tanah. Saya harus keluar dari zona nyaman, belajar banyak hal khususnya aplikasi pembelajaran dan  langsung menerapkannya apapun yang terjadi. Perasaan saya antara senang, deg-degan dan excited bahkan kadang kecewa juga. Namun setiap hal pasti mengalami proses perubahan, saya harus siap beradaptasi untuk menjadi lebih baik sesuai dengan perkembangan jaman.

  1. Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan

Kondisi pembelajaran pembelajaran yang dilakukan saat ini adalah PTMT (Pertemuan Tatap Muka Terbatas) dimana siswa masuk ganjil genap agar social distancing terjaga.

Sehingga saya harus mengajar secara luring dan daring pada saat yang bersamaan. Sebenarnya setiap saat kegiatan pembelajaran yang dilakukan antara yang luring dan daring sama dengan melalui penugasan di Google Classroom. Namun ada saat dimana saya harus memandu dan menjelaskan tentang materi yang sedang dipelajari. Apa yang harus saya lakukan agar siswa yang disekolah dan di rumah mendapatkan perlakuan yang sama? Berawal dari permasalahan tersebut akhirnya saya putuskan pada saat tertentu, saya menggunakan Google Meet sebagai sarana komunikasi dan Google Document Kolaborasi sebagai lembar kerja dan papan tulis virtual dengan segala keterbatasannya.

  1. Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik. Silakan klik link berikut.

https://rekamjejakanikpurwani.blogspot.com/2022/02/praktik-baik-aksi-nyata-modul-11.html

  1. ‘Foto bercerita’ dari seluruh rangkaian pelaksanaan (perencanaan, penerapan dan refleksi) aksi Anda.




5. Anda juga dapat memasukkan ‘testimoni’ dari rekan guru dan murid yang terlibat dalam
proses perubahan yang Anda lakukan.

Testimoni Rekan Sejawat



Testimoni Murid








No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...