Search This Blog

Tuesday, February 15, 2022

Tugas 2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul 2.1

       Pertanyaan pemantik untuk sesi pembelajaran ini adalah:

  1. Bagaimana saya dapat melakukan praktik pembelajaran berdiferensiasi secara lebih efektif?

Untuk melakukan praktik pembelajaran berdiferensiasi secara efektif, yang harus saya lakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan siswa terlebih dahulu untuk menentukan metode apa yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Setelah itu baru merancang RPP yang sesuai kebutuhan dan diferensiasi yang dibutuhkan.

  1. Pendekatan manakah yang seharusnya saya ubahsuaikan?

Pendekatan yang harus saya ubahsuaikan adalah pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang meliputi diferensiasi konten, proses dan produk. Untuk mengakomodasi keberagaman karakteristik siswa saya harus mampu merancang kegiatan pembelajaran yang bisa fokus minimal pada 1 diferensiasi.

  1. Bagaimana saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini?

Untuk bersikap positif saya harus menyadari bahwa semua perubahan butuh proses, termasuk perubahan diri. Terus belajar dan belajar serta bereksplorasi tanpa henti merupakan komitmen diri yang harus dilakukan sebagai pembelajar sepanjang hayat dan sebagai pendidik sejati.


Berikut ini adalah pertanyaan Reflektif yang harus dijawab:

  1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?

Pendekatan yang harus saya ubahsuaikan adalah pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang meliputi diferensiasi konten, proses dan produk. Untuk mengakomodasi keberagaman karakteristik siswa saya harus mampu merancang kegiatan pembelajaran yang bisa fokus minimal pada 1 diferensiasi.

  1. Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?

Dalam situasi pandemi dan harus melakukan pembelajaran daring, kami kesulitan melakukan diferensiasi kegiatan pembelajaran karena adanya keterbatasan waktu, perangkat, jaringan, kuota dan interaksi. Saya sulit memobilisasi siswa untuk aktif dan responsif, berbeda ketika pembelajaran tatap muka yang saya bisa langsung menunjuk, membimbing dan memotivasi secara langsung. Saya juga kesulitan untuk mengakomodasi profil belajar siswa yang beragam meski tetap berusaha semaksimal yang saya mampu.

  1. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.

Saya membutuhkan dukungan dari guru BP untuk pemetaan kebutuhan siswa, rekan guru mata pelajaran untuk diskusi dalam forum MGMPS, rekan guru yang lain untuk menambah data dan informasi, serta motivasi dari staf dan Kepala Sekolah.

Selain itu dukungan wali murid di rumah lebih dibutuhkan khususnya saat pembelajaran daring. Orang tua harus aktif terlibat untuk mendampingi dan mengawasi karena fungsi tersebut tidak bisa dipenuhi oleh guru secara maksimal.  


No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...