Search This Blog

Sunday, March 6, 2022

Tugas 2.2.a.3 Mulai dari Diri

 Refleksi Kompetensi Sosial dan Emosional 1 (Positif)

Sebagai pendidik, Anda tentu pernah berada dalam suatu peristiwa yang  membuat Anda merasakan emosi-emosi positif, misalnya optimis, senang, cinta, bahagia, atau takjub, dan sebagainya. Refleksikan

1. Apa kejadiannya?  (Kapan, di mana, siapa yang terlibat, bagaimana kejadiannya, apa yang membuat Anda memilih merefleksikan peristiwa tersebut?

 

Saya pernah merasa takjub ketika saya berlibur ke Bandung dan berkunjung ke salah satu mantan murid yang melanjutkan studi ke ITB. Saat masuk kamar kosnya saya menemukan mind map tertempel di cermin meja riasnya. Saya penasaran, karena saya telah bertahun-tahun mengajarkan anak-anak tentang mind map. Ketika saya tanya bagaimana dia tahu tentang mind map, dia menjawab bahwa saya lah yang mengajarkan mind map waktu itu saat dia masih SMP. Buat saya hal ini sangat menakjubkan karena apa yang saya ajarkan ternyata melekat erat di benak murid saya dan ternyata masih digunakan terus hingga dewasa. Dan hal tersebut diluar dugaan sama sekali.

 

2.     Apa peran Anda saat itu? Apa yang Anda lakukan untuk merespon dan mengelola emosi tersebut?

 

Peran saya sebagai guru Bahasa Inggris murid saya saat dia SMP. Saya sampaikan ke murid saya bahwa saya senang sekali ternyata apa yang saya ajarkan ketika dia SMP bermanfaat hingga dia kuliah. Hal-hal seperti itu jarang saya temui langsung, sehingga saat itu saya merasa bahwa apa yang telah saya ajarkan dan kerjakan bersama murid-murid saya di kelas ternyata tidak mereka abaikan. Saya merasa mempunyai manfaat untuk orang lain.



3.     Bagaimana peristiwa tersebut berdampak pada diri Anda sebagai pendidik?

 

Peristiwa tersebut tentu saja berdampak cukup besar. Saya merasa lebih percaya diri, merasa apa yang saya ajarkan membawa dampak yang positif ke anak didik dan merasa bahwa apa yang saya pelajari dan terapkan di kelas ternyata berpengaruh langsung ke mereka. Bolehlah saya merasa berbangga hati sedikit.

 


No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...