Search This Blog

Sunday, March 6, 2022

Tugas 2.2.a.3 Mulai dari Diri

Refleksi Kompetensi Sosial dan Emosional 2 (Negatif)

Saat menjadi pendidik, Anda tentu juga pernah berada dalam suatu peristiwa yang memicu emosi-emosi negatif misalnya marah, sedih, kecewa, menyesal, khawatir, dan sebagainya. Refleksikan:

1.   Apa kejadiannya?  (Kapan, dimana, siapa yang terlibat, bagaimana kejadiannya, apa yang membuat Anda memilih merefleksikan peristiwa tersebut?

 

Saya merasa sangat kecewa dan sedih saat menemui bahwa murid-murid saya banyak yang mengabaikan pembelajaran dan tugas-tugasnya khususnya saat pembelajaran online. Saya merasa tak berdaya karena mereka jauh dari jangkauan saya. Meski sarana komunikasi ada dan mudah digunakan tapi perasaan tak mampu merengkuh mereka secara langsung sungguh amat sangat mengganggu.

 

2.     Apa peran Anda saat itu? Apa yang Anda lakukan untuk merespon dan mengelola emosi tersebut?

 

Saat hal tersebut terjadi saya berperan sebagai guru mata pelajaran sekaligus wali kelas. Saya berusaha bersabar dan memahami keadaan mereka, apapun alasan yang melatarbelakangi hal tersebut terjadi.


3.     Bagaimana peristiwa tersebut berdampak pada diri Anda sebagai pendidik?


Saya merasa gagal dan tak berdaya

 

No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...