Search This Blog

Tuesday, April 5, 2022

Tugas 2.3.a.4.3. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Coaching

 


  1. Apa yang dilakukan coach dalam membantu coachee mengenali situasi  (permasalahan atau tantangan) yang dihadapi coachee? 


Yang harus dilakukan coach adalah menuntun siswa merumuskan tujuan yang ingin dicapai, kemudian mengarahkan siswa agar bisa mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi. Setelah itu baru merumuskan tindakan apa yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dan yang terakhir coach harus memastikan komitmen dari coache sebagai bentuk tanggung jawab yang akan dilakukan oleh mereka.


  1. Bagaimana cara coach memberi respons terhadap situasi yang dihadapi coachee? (perhatikan secara cermat sikap dan perilaku coach)


Cara coach memberi respon terhadap situasi yang dihadapi coachee adalah dengan memberikan perhatian penuh pada apa yang disampaikan coachee dengan bahasa tubuh yang sangat tepat sehingga coache merasa diperhatikan dan terlihat nyaman. Selain itu  coach juga mampu melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang efektif kepada coachee dan mampu menuntun coachee menemukan solusi secara mandiri dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Sehingga diharapkan dengan bersikap seperti itu coachee akan dengan sukarela mengatakan permasalahannya dan bersemangat untuk mengatasi permasalahannya tersebut.


  1. Apakah praktek coaching model TIRTA dapat dipraktekkan dalam situasi dan konteks lokal kelas dan sekolah Anda? apa tantangan utama Anda dalam melakukan praktek coaching model TIRTA?


Praktek coaching model TIRTA sangat mungkin untuk dipraktekkan dalam situasi dan konteks lokal kelas dan sekolah saya khususnya untuk mencari solusi bilamana guru dan siswa sedang mengalami masalah. 

Tantangan utama saya dalam melakukan praktek coaching model TIRTA adalah kurangnya pengalaman dalam dalam penerapan praktik coaching model ini ke siswa maupun rekan sejawat. Selama ini coaching yang saya lakukan berdasar naluri seorang guru saja. Namun semuanya perlu proses, dan saya yakin saya akan mampu melakukan coaching model ini kepada siswa maupun rekan sejawat. 


  1. Siapakah yang dapat membantu Anda melatih praktek coaching model TIRTA di kelas dan sekolah Anda? Bagaimana Anda melibatkan mereka?


Yang mungkin dapat membantu saya melatih praktek coaching model TIRTA di kelas dan sekolah adalah rekan sejawat khususnya guru BK, wali kelas dan teman sesama CGP yang sudah mendapatkan materi tentang ini. 

Saya melibatkan mereka sebagai kolaborator dan observer saat melakukan praktek coaching ini ke siswa.


No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...