Search This Blog

Sunday, April 17, 2022

3.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran


Bagaimana/sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Adakah hal-hal yang menurut Anda di luar dugaan?

Materi ini merupakan salah satu materi leadership, dan saya selama ini belum pernah tergerak untuk membaca atau mencari referensi tentang topik seperti ini karena fokus tema referensi yang saya baca lebih cenderung ke pembelajaran. Jadi ini adalah materi yang benar-benar baru bagi saya dan tentu saja pemahaman saya belum maksimal untuk saat ini. Saya berharap bekal materi ini akan dapat saya pergunakan mulai saat ini untuk setiap pengambilan keputusan baik sebagai pemimpin pembelajaran maupun sebagai individu dalam keseharian.

Hal yang menarik bagi saya adalah bahwa sebenarnya dalam memutuskan apapun secara tidak sadar sebenarnya saya telah memakai beberapa prinsip diatas. Setiap pertimbangan-pertimbangan yang saya pakai ternyata masuk di dalam di dalam materi tersebut.


Bagaimana dampak mempelajari materi ini buat Anda, perubahan  apa yang terjadi pada cara Anda dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul ini?

 

Setelah mempelajari modul ini adalah saya mulai memahami langkah-langkah pengambilan sebuah keputusan serta pertimbangan-pertimbangan yang mendasarinya. Sebelum mempelajari modul ini dalam memutuskan sesuatu hanya melalui pertimbangan yang acak, berdasar intuisi, hati nurani, masukan teman dan aturan. 

Setelah ini saya saya yakin dalam setiap pengambilan keputusan akan saya akan melalui proses yang sistematis dengan mempertimbangkan sekian banyak aspek dan saya yakin hasilnya pasti akan lebih valid dan efektif.


Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran?

Bagi saya mempelajari materi ini sangatlah penting baik sebagai individu maupun sebagai pemimpin pembelajaran. 

Sebagai individu, setiap saat saya akan dihadapkan pada situasi dimana harus menentukan suatu keputusan baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat. Sedangkan sebagai pemimpin pembelajaran setiap hari saya menemui permasalahan baik di dalam kelas maupun di luar kelas, dari murid dan dari teman, masalah murid maupun rekan. 

Setelah mempelajari modul ini saya lebih percaya diri dalam mengambil keputusan karena mempunyai landasan berpikir yang sistematis sehingga saya yakin keputusan yang saya buat sudah melalui proses  pemikiran dan pertimbangan yang matang sehingga hasilnya kemungkinan akan efektif, tepat dan valid.

 

Selain konsep-konsep tersebut, adakah hal-hal lain yang menurut Anda penting untuk dipelajari dalam proses pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran?

Hal lain penting untuk dipelajari adalah pengelolaan diri. Dengan kemampuan mengelola diri yang mumpuni maka kita akan mampu mengelola emosi dengan lebih baik, sehingga kita bisa bersikap tenang dan tidak mudah panik ketika menghadapi permasalahan, seberat apapun masalah yang dihadapi.






No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...