1.
Bagaimana
Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di
program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?
Saya
akan mentransfer apa yang saya dapatkan di program guru penggerak dengan
berbagai cara.
Misal:
·
Melalui
diskusi informal dengan rekan sejawat maupun teman diluar sekolah.
·
Memposting
materi dan tugas di sosial media
·
Melakukan
sosialisasi/diseminasi di sekolah bila memungkinkan tergantung dari situasi
sekolah.
Saya
juga akan menerapkan apa yang saya dapat yaitu tentang Pengambilan Keputusan
tidak hanya sebagai pendidik/pemimpin pembelajaran di kelas/sekolah namun juga
sebagai individu di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Setiap saat saya
akan menghadapi masalah baik masalah dengan dilema etika maupun tidak. Materi
tentang pengambilan keputusan telah memberi wawasan dan pengetahuan baru bagi
saya yang langsung segera dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai
pendidik maupun sebagai individu bagaimana seharusnya menghasilkan suatu
keputusan yang efektif.
Bilamana
saya sudah melakukan pengambilan keputusan maka nantinya saya juga harus dapat
mengukur efektivitasnya. Untuk itu ada 3 hal yang seharusnya dinilai yaitu
kualitas keputusan, penerimaan dan dapat dilakukan (feasibility).
Kualitas
pengambilan keputusan dilihat dari hal-hal yang bersifat teknis, terukur dan
prosedural, misal apakah tujuan dari pengambilan keputusan telah dapat dicapai.
Sedangkan aspek penerimaan dapat dilihat dari ada tidaknya dukungan dan
kepatuhan terhadap keputusan yang diambil. Yang ketiga, sebuah keputusan yang
diambil harusnya dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah.
2.
Apa
langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan
berdasarkan pemimpin pembelajaran?
Langkah-langkah
awal yang akan saya lakukan untuk memulai mengambil keputusan adalah:
a.
Menentukan
paradigma apa yang sebaiknya digunakan dalam kasus yang saya temui.
b.
Menentukan
prinsip mana yang mendasari pilihan pengambilan keputusan yang diambil.
c.
Melakukan
9 langkah tahapan pengujian meliputi: mengenali nilai-nilai yang bertentangan,
menentukan siapa yang terlibat dalam situasi tersebut, mengumpulkan fakta-fakta
yang relevan dengan situasi, tahap pengujian benar salah (uji legal, uji
regulasi, uji intuisi, uji publikasi, uji panutan), pengujian paradigma benar
lawan benar, melakukan prinsip resolusi, investigasi Opsi Trilema, membuat
keputusan serta lihat lagi keputusan dan refleksikan.
3.
Mulai
kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu
depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.
Saya akan menerapkan langkah-langkah tersebut ketika menemui permasalahan/kasus dan harus mengambil keputusan baik di kelas dengan murid-murid saya, di lingkungan kerja dengan rekan-rekan sejawat saya, dan di lingkungan masyarakat, mulai hari ini atau kapan pun juga, semakin cepat menerapkan akan semakin baik.
4.
Siapa
yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan
sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda
untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan
efektif.
Yang
akan menjadi pendamping saya dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai
pemimpin pembelajaran ada 2 orang. Yang pertama adalah rekan sejawat yang saat
ini menjadi Waka Kurikulum di sekolah. Saya telah mengenal rekan saya ini lebih
dari 24 tahun dan tidak perlu saya ragukan lagi kemampuannya. Yang kedua adalah
seorang sahabat tempat saya biasa berdiskusi dan berkonsultasi tentang banyak
hal termasuk dalam pengambilan keputusan atas permasalahan tertentu. Seseorang
yang mempunyai jam terbang tinggi dalam hal leadership.
No comments:
Post a Comment