Search This Blog

Wednesday, April 20, 2022

Tugas 3.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual -Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran



1.       Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

 

Saya akan mentransfer apa yang saya dapatkan di program guru penggerak dengan berbagai cara.

Misal:

·      Melalui diskusi informal dengan rekan sejawat maupun teman diluar sekolah.

·      Memposting materi dan tugas di sosial media

·      Melakukan sosialisasi/diseminasi di sekolah bila memungkinkan tergantung dari situasi sekolah.

 

Saya juga akan menerapkan apa yang saya dapat yaitu tentang Pengambilan Keputusan tidak hanya sebagai pendidik/pemimpin pembelajaran di kelas/sekolah namun juga sebagai individu di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Setiap saat saya akan menghadapi masalah baik masalah dengan dilema etika maupun tidak. Materi tentang pengambilan keputusan telah memberi wawasan dan pengetahuan baru bagi saya yang langsung segera dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pendidik maupun sebagai individu bagaimana seharusnya menghasilkan suatu keputusan yang efektif.

Bilamana saya sudah melakukan pengambilan keputusan maka nantinya saya juga harus dapat mengukur efektivitasnya. Untuk itu ada 3 hal yang seharusnya dinilai yaitu kualitas keputusan, penerimaan dan dapat dilakukan (feasibility). 

Kualitas pengambilan keputusan dilihat dari hal-hal yang bersifat teknis, terukur dan prosedural, misal apakah tujuan dari pengambilan keputusan telah dapat dicapai. Sedangkan aspek penerimaan dapat dilihat dari ada tidaknya dukungan dan kepatuhan terhadap keputusan yang diambil. Yang ketiga, sebuah keputusan yang diambil harusnya dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah.

 

2.       Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

 

Langkah-langkah awal yang akan saya lakukan untuk memulai mengambil keputusan adalah: 

a.       Menentukan paradigma apa yang sebaiknya digunakan dalam kasus yang saya temui.

b.       Menentukan prinsip mana yang mendasari pilihan pengambilan keputusan yang diambil.

c.        Melakukan 9 langkah tahapan pengujian meliputi: mengenali nilai-nilai yang bertentangan, menentukan siapa yang terlibat dalam situasi tersebut, mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi, tahap pengujian benar salah (uji legal, uji regulasi, uji intuisi, uji publikasi, uji panutan), pengujian paradigma benar lawan benar, melakukan prinsip resolusi, investigasi Opsi Trilema, membuat keputusan serta lihat lagi keputusan dan refleksikan. 



3.       Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

 

Saya akan menerapkan langkah-langkah tersebut ketika menemui permasalahan/kasus dan harus mengambil keputusan baik di kelas dengan murid-murid saya, di lingkungan kerja dengan rekan-rekan sejawat saya, dan di lingkungan masyarakat,  mulai hari ini atau kapan pun juga, semakin cepat menerapkan akan semakin baik.

4.       Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

 

Yang akan menjadi pendamping saya dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran ada 2 orang. Yang pertama adalah rekan sejawat yang saat ini menjadi Waka Kurikulum di sekolah. Saya telah mengenal rekan saya ini lebih dari 24 tahun dan tidak perlu saya ragukan lagi kemampuannya. Yang kedua adalah seorang sahabat tempat saya biasa berdiskusi dan berkonsultasi tentang banyak hal termasuk dalam pengambilan keputusan atas permasalahan tertentu. Seseorang yang mempunyai jam terbang tinggi dalam hal leadership.

 


No comments:

Post a Comment

PEKAN LITERASI SEKOLAH

                                                                         Pembuatan Pojok Baca                                               ...